Prenagen Bantu Penuhi Nutrisi Agar Cepat Hamil
Prenagen Bantu Penuhi Nutrisi Agar Cepat Hamil

Prenagen Bantu Penuhi Nutrisi Agar Cepat Hamil

Banyak pasangan mencari cara meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Memiliki momongan adalah dambaan setiap suami istri. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi proses pembuahan dan kehamilan, terutama kesehatan tubuh. 

Prenagen Bantu Penuhi Nutrisi Agar Cepat Hamil Nutrisi Untuk Promil

Happy couple smiling after find out positive pregnancy test in bedroom

Oleh karena itu, pasangan dianjurkan melakukan medical check up sebelum menikah atau saat berencana memiliki momongan. Dilansir dari klikdokter.com, pemenuhan nutrisi penting adalah persiapan yang wajib Anda lakukan untuk mempercepat proses pembuahan dan kehamilan.

Nutrisi Agar Cepat Hamil

Nutrisi memainkan peranan penting dalam kondisi tubuh calon ibu dan ayah. Agar cepat dikaruniai momongan, pastikan asupan nutrisi Anda terpenuhi, baik mikro maupun makro. 

Apa itu Nutrisi Makro?

Makronutrien adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah besar, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Zat gizi ini berfungsi sebagai penyumbang energi untuk aktivitas sehari-hari dan menunjang pertumbuhan janin. 

1. Protein
Protein sering disebut sebagai ‘zat pembangun’ karena fungsinya sangat vital sebagai komponen pembangun otot, penunjang imunitas, dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap berjalan dengan baik.

Protein untuk program hamil meningkatkan kesuburan

Pada Ibu hamil, protein berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin, termasuk pertumbuhan otaknya, menjaga agar aliran darah ibu hamil tetap baik, sehingga asupan nutrisi janin pun terjaga.

2. Lemak
Sebagai cadangan energi, konsumsi cukup lemak baik dianjurkan selama program hamil. Lemak yang disarankan untuk dikonsumsi adalah jenis lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 ALA dan DHA, serta asam lemak omega-6.

Lemak-Baik-Untuk-Tingkatkan-Kesuburan

 Jika sebelum hamil ibu memiliki berat badan yang berlebih, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan Ahli Gizi terlebih dahulu agar mendapatkan komposisi jumlah zat gizi makro yang tepat dari setiap waktu makan.

Apa itu Nutrisi Mikro?

Mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil. Meski demikian, perannya sangat vital untuk aktivitas metabolisme tubuh, kerja enzim, dan pembentukan sel janin dan organ bayi. 

Perlu diperhatikan bahwa dalam komposisi yang tepat, nutrisi makro juga berfungsi memaksimalkan kerja nutrisi mikro. Dengan demikian, sangat penting memilih asupan makanan yang mengandung keduanya. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang penting untuk diketahui saat promil:

1. Asam Folat

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI 2019, Asam Folat  wajib dikonsumsi untuk memenuhi kecukupan gizi hariannya sebesar 400 mcg/hari. WHO merekomendasikan setiap ibu yang menjalankan promil untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian untuk mencegah cacat tabung saraf anencephaly dan spina bifida. 

Konsumsi Nutrisi Ini Saat Promil

2. Zat Besi

Kebutuhan zat besi untuk wanita usia 19 – 49 tahun adalah 18 mg/hari. Kurangnya asupan zat besi akan menyebabkan anemia yang bisa membahayakan Ibu dan Bayi. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah serta berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Saat hamil, produksi sel darah merah harus meningkat agar, menyokong tumbuh dan kembang janin melalui plasenta. 

3. Kalsium dan Vitamin D

Dari beberapa studi, memperlihatkan bahwa wanita dengan level vitamin D yang cukup lebih mudah untuk hamil. Studi lain juga menunjukkan adanya dampak positif dari hal kesuburan pada wanita yang sedang menjalani treatment bayi tabung (In vitro fertilisation). Selain itu asupan Kalsium juga penting, karena berkaitan dengan mengurangi risiko terjadinya preeklampsia dan eklampsia.

Vitamin D untuk Tingkatkan Kesuburan Promil

4. Zinc

Defisiensi Zinc ringan, dihubungkan dengan kejadiaan BBLR (Berat Badan Bayi Lahir Rendah) dan persalinan prematur. Pada Ibu yang mengalami kekurangan Seng yang sudah parah dapat menyebabkan kelainan congenital pada bayi hingga keguguran. Zinc adalah salah satu mineral yang baik untuk kesuburan pria, yaitu memperbaiki kualitas sperma  (jumlah sperma, kelincahan, dan kesempurnaan bentuk sperma). 

5. Vitamin E

Antioksidan ini dapat melindungi sel telur dan sel sperma dari radikal bebas. Serta dapat mengurangi nyeri haid pada wanita yang mengalami dismenorhea (nyeri pada saat haid).  Selain itu fungsi vitamin E adalah sebagai antioksidan dan penunjang imun tubuh.

Rekomendasi Susu Selama Promil

Sangat baik apabila istri mengonsumsi susu khusus persiapan kehamilan yang mengandung nutrisi lengkap yang dapat meningkatkan kesuburan serta mengoptimalkan persiapan sebelum kehamilan terjadi, seperti Prenagen Esensis

Prenagen Esensis untuk membantu program kehamilan Rasa Mocha 180 g

Keunggulan Prenagen Esensis

  1. Tinggi Asam Folat (340mcg/saji) untuk mencegah cacat tabung saraf otak (Neural Tube Defect), dan berperan dalam pertumbuhan dan pembelahan sel.
  2. Tinggi Zat Besi untuk mencegah anemia dan merupakan komponen penting dalam sel darah merah. Kandungan zat besinya juga  telah melalui proses mikroenkapsulasi sehingga 3.5 kali lipat lebih banyak diserap tubuh.
  3. Tinggi Zinc (35% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal)
  4. Tinggi Kalsium dengan komposisi 360mg/saji. Membantu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  5. Sumber Vitamin D3 yang dapat membantu penyerapan kalsium.
  6. Rendah lemak-1gr/saji sehingga tidak meningkatkan berat badan yang berlebih saat persiapan kehamilan.
  7. Mengandung Vitamin E (10% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal) serta DHA 25 mg/saji sebagai nutrisi persiapan kehamilan yang mementingkan faktor kecerdasan anak, khususnya perkembangan otak dan kecerdasan janin sedari dini.  

Varian Rasa dan Kemasan Prenagen Esensis

Prenagen Esensis tersedia dalam 3 varian rasa yaitu French Vanilla, Velvety Chocolate dan Groovy Mocha yang bisa Anda dapatkan di KALCare.comPrenagen Esensis tersedia dalam 2 kemasan yaitu 180 g dan 360 g.

Rutin Minum Susu Prenagen Saat Promil

Anjuran Konsumsi Prenagen Esensis

Anda bisa mengonsumsi Prenagen Esensis selama masa promil sebanyak 2x sehari untuk mencukupi kebutuhan 100% asam folat harian.  Anda bisa melarutkan 3 sendok makan (40 g) Prenagen Esensis dalam 180 ml air matang hangat, aduk sampai larut dan siap untuk diminum. Maka dari itu, Prenagen Esensis sebaiknya dikonsumsi setidaknya 4 bulan sebelum kehamilan terjadi. 

Cara Meningkatkan Kesuburan Lainnya

1. Mengurangi Konsumsi Obat Bebas

Obat-obatan dapat mempengaruhi kerja hormon reproduksi, mulai dari menunda produksi telur hingga mencegah dinding rahim menebal.  Beberapa jenis obat memiliki efek yang ditimbulkan pada organ reproduksi. 

Dilansir dari laman verywellfamily, nonsteroidal anti-inflammatory seperti obat ibuprofen pereda nyeri, dan obat jenis dextromethorphan tidak dianjurkan dikonsumsi saat promil maupun disaat hamil, karena dikhawatirkan berisiko untuk perkembangan janin. 

Obat jerawat yang mengandung isotretinoin dan spironolactone juga dikaitkan dengan kejadian kecacatan serius pada janin. Oleh sebab itu, jika Anda berencana segera memiliki bayi, ada baiknya menghentikan dahulu konsumsi obat bebas dan konsultasikan dulu kepada dokter.

2. Olahraga Teratur

Olahraga Bersama Pasangan Meningkatkan Kesuburan

Olahraga memiliki dampak signifikan terhadap metabolisme tubuh dan sirkulasi darah. Dengan melakukan olahraga teratur, Anda akan mengoptimalkan kinerja hormon reproduksi. Inilah jenis-jenis olahraga yang baik dilakukan untuk mempercepat kehamilan 

Anda: jogging, yoga, zumba, aerobik, berenang, menari, dan bersepeda. Hindari aktivitas hot yoga, core training, serta olahraga terlalu intens (7 hari seminggu, lebih dari 1 jam per sesi), sebab malah dapat memberikan efek sebaliknya pada tubuh.

3. Jauhi Stres

Stres bisa jadi salah satu penyebab yang menjebak pasangan tak kunjung dikaruniai anak lho, entah beban pekerjaan ataupun karena ingin mendapat momongan secepatnya. Tentunya tak jarang Anda mendengar seseorang yang telat datang bulan karena stres, bukan? 

Hal itu disebabkan karena stres sangat mempengaruhi kinerja hormon reproduksi.  Maka dari itu, Anda yang merencanakan kehamilan harus menjauhi stres, dengan bermeditasi agar lebih positif dalam menjalani hari.

Jauhi Junk Food, Rokok, Minuman Keras, dan Obat Terlarang Saat P

4. Jauhi Junk Food, Rokok, Minuman Keras, dan Obat Terlarang

Bagian ini memang sudah wajib hukumnya, sebab ketiga hal ini secara langsung memberi dampak pada vitalitas seluruh organ tubuh Anda, termasuk reproduksi. Jauhilah ketiga hal ini agar kesehatan kehamilan calon ibu yang akan datang tetap terjaga.

5. Berhubungan Intim Secara Rutin

Anda dapat melakukan hubungan intim tanpa kontrasepsi secara rutin 2-3 minggu sekali untuk memperbesar kemungkinan kehamilan. Perhatikan kalender kesuburan ibu dengan seksama melalui tanda-tanda yang muncul, seperti suhu tubuh yang meningkat dan keluarnya lendir serviks. 

Rutin berhubungan intim untuk mempercepat proses kehamilan

6. Rutin Konsultasi Ke Dokter Spesialis

Bila setelah 1 tahun telah memenuhi hal-hal di atas dan berhubungan tanpa kontrasepsi namun kehamilan belum terjadi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Semoga Anda segera dikaruniai momongan pada waktu yang terbaik.

Jangan lewatkan berbagai informasi mengenai persiapan kehamilan hingga mempersiapkan kelahiran yang sehat melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

Dapatkan promo menarik khusus produk Prenagen Esensis melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward

Salam,

KALCare

 

Produk Terkait

Home NavigatorRiwayatOfficial BrandMasuk