Cara Paling Aman Menyimpan Susu Formula Anak
Cara Paling Aman Menyimpan Susu Formula Anak

Cara Paling Aman Menyimpan Susu Formula Anak

Fams, pasti sudah tahukan kalau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi yang paling penting bagi anak hingga usia 2 tahun. Setelah itu, pemenuhan gizi anak dapat dilengkapi melalui makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi. Salah satu sumber nutrisi anak adalah susu formula.

 

 

ini dia tips menyimpan susu formula anak

 

Memang untuk memberikan susu formula, Anda perlu memilih yang tepat serta menyimpan dengan benar. Seperti memilih susu Morinaga yang mengandung sinergi nutrisi tepat untuk mendukung pertumbuhan anak generasi platinum. Nah, jika Anda sudah mendapatkan susu yang tepat, selanjutnya mengetahui cara menyimpan susu dengan benar. Berikut ini KALCare akan memberikan info kepada Anda cara paling aman menyimpan susu formula anak.

 

1. Simpan susu di dalam tempat kedap udara

Tiap-tiap susu formula memiliki jenis kemasan yang berbeda-beda. Tetapi kebanyakan susu formula dikemas dalam plastik ataupun kardus. Nah, sebaiknya Anda segera memindahkan susu formula tersebut ke dalam kaleng khusus atau toples. Pilih kaleng atau toples yang memiliki tutup, sehingga dapat menjaga susu dari paparan udara luar. Sehingga penggunaan wadah yang kedap udara ini dapat menjaga susu dari bakteri yang dapat merusak kandungan di dalam susu formula. Pastikan juga kaleng atau toples ini kering ya Fams! Lalu setelah dibuka, pastikan juga Anda sudah menutup wadah susu dengan rapat.

 

2. Hindari menggunakan wadah yang tembus pandang

Dalam memilih toples untuk menyimpan susu formula, sebaiknya Anda tidak menggunakan toples yang tembus pandang ya Fams. Sebab penggunaan wadah yang tembus pandang dapat menimbulkan risiko susu menjadi mudah rusak. Karena wadah yang tembus pandang dapat membuat cahaya menembus susu sehingga menjadi rusak. Jika tidak memilikinya, Anda bisa melapisi toples atau wadah yang tembus pandang dengan kertas atau bahan lain. Penggunaan kertas ini dapat membatasi cahaya masuk atau menembus ke dalamnya.

 

3. Tidak menyimpan susu di dalam kulkas

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa kulkas atau lemari es merupakan tempat yang bagus untuk menyimpan susu. Sayangnya, anggapan ini ternyata salah besar lho Fams. Sebab susu yang disimpan di dalam lemari es akan mudah rusak bahkan menggumpal. Hal ini dapat terjadi karena kulkas merupakan tempat yang lembab. Untuk itu, simpanlah susu formula anak di tempat yang kering dan sejuk.

 

4. Perhatikan durasi menyimpan susu

Cara terakhir yang aman untuk menyimpan susu formula anak adalah memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Sebab masing-masing susu formula memiliki batas waktu tersendiri untuk masa penyimpanan. Rata-rata susu formula anak hanya memiliki ketahan 2 minggu hingga 1 bulan setelah kemasan dibuka. Jangan biarkan susu disimpan lebih dari batas waktu yang ditentukan ya Fams. Sebab, terlalu lama menyimpan susu formula akan merusak susu. Lebih baik susu formula segera dihabiskan sebelum batas waktu pemakaiannya habis.

 

Cara menyimpan susu formula anak yang sudah terlanjur dibuat

 

 

ketahui cara menyimpan susu yang sudah diseduh

 

Setelah mengetahui cara aman menyimpan susu formula, Anda juga harus tahu nih cara menyimpan susu formula anak yang sudah terlanjur dibuat. Hal ini dapat terjadi terutama jika Si Kecil merasa atau bahkan menolak untuk menghabiskan susunya. Yuk simak cara-caranya berikut ini.

1. Simpan di dalam botol yang steril

Jika susu formula yang sudah dibuat tidak dapat dihabiskan oleh Si Kecil, Anda perlu menyimpan sisanya di dalam botol yang steril. Penggunaan botol ini bertujuan untuk memastikan susu tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kuman, baik dari luar ataupun dari dalam botol itu sendiri. Penggunaan botol yang steril juga dapat menjaga susu agar tidak cepat basi.

 

2. Masukkan ke dalam kulkas

Susu yang tidak habis dikonsumsi sebaiknya segera simpan di dalam kulkas. Jangan biarkan susu berada dalam tempat yang terbuka terlalu lama. Hal ini dapat meningkatkan risiko masuknya kuman dan bakteri ke dalam susu. Untuk itu, segera pindahkan susu ke botol yang steril dan masukkan ke dalam kulkas untuk menekan masuknya atau perkembangan bakteri dan kuman di dalam susu.

 

3. Tidak menyimpan susu lebih dari 24 jam

Walaupun sudah menyimpan susu di wadah yang sesuai dan kulkas, sebaiknya susu tidak disimpan lebih dari 24 jam. Susu yang disimpan lebih dari 24 jam rata-rata sudah rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi kembali. Sebaiknya Anda membuang susu yang memang sudah disimpan lebih dari 24 jam.

 

Itulah cara paling aman untuk menyimpan susu formula anak ya Fams! Jadi jangan sampai susu Morinaga Chil Kid Gold untuk Si Kecil menjadi sia-sia karena salah menyimpan. Dan tentunya Anda tidak salah membeli susu Morinaga Chil Kid Gold, karena bisa didapatkan dengan mudah hanya di sini. Nikmati juga berbagai promo menarik untuk pembelian produk Morinaga hanya di KALCare. Atau temukan berbagai informasi kesehatan, resep, hingga perawatan kecantikan melalui artikel-artikel menarik di KALCare.com.

 

Ketahui cara aman menyimpan susu Morinaga Chil Kid Gold

 

Salam,

KALCare

 

 

 

 

Produk Terkait

Home NavigatorRiwayatOfficial BrandMasuk