Jangan Asal Minum Suplemen, Ini Dia Bahayanya

Jangan Asal Minum Suplemen, Ini Dia Bahayanya

Jangan Asal Minum Suplemen, Ini Dia Bahayanya

Jangan Asal Minum Suplemen, Ini Dia Bahayanya

Apakah Anda salah satu yang mengonsumsi suplemen? Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal fungsi dan manfaat suplemen itu sendiri. Ada yang mengonsumsi suplemen untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, ada juga yang sekedar memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian. Namun sebelum mengonsumsi suplemen tambahan, entah itu suplemen Blackmores atau yang lainnya, Anda harus tahu bahwa suplemen tak berbeda jauh dengan obat. Penggunaannya harus dikontrol dan ada dosis yang harus dipenuhi. Bahkan faktanya, suplemen tambahan tidak bisa dikonsumsi layaknya mengonsumsi makanan harian. Berikut seputar informasi suplemen untuk Anda.

 

 

Arti Suplemen

Suplemen merupakan produk-produk yang mengandung satu atau lebih nutrien vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, dan serat. Selain itu, suplemen juga dapat berupa produk-produk alami berupa herbal ataupun bahan alami non tumbuhan, misalnya yang didapatkan dari hewan. Suplemen ada yang dikemas dalam bentuk tablet, kaplet, pil, kapsul lunak, maupun cairan.

Saat ini banyak sekali jenis suplemen yang beredar di pasaran. Berikut jenis suplemen yang sering dikonsumsi oleh masyarakat:

 

  • Suplemen Multivitamin

 

Sebutan multivitamin ditujukan kepada suplemen yang mengandung tiga atau lebih vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terkandung, memiliki takaran yang masih dapat ditoleransi, sehingga dapat tidak berisiko buruk terhadap kesehatan bila dikonsumsi sesuai aturan. Biasanya, kandungan dalam multivitamin adalah vitamin C, B1, B2, B3, B6, H (biotin), B12, B5, A, E, D3, K1, kalium iodida , tembaga, seng, besi, betakaroten, kalsium, magnesium, dan kromium.

 

  • Suplemen Nonvitamin nonmineral (NVNM)

 

Yang termasuk dalam kategori suplemen nonvitamin nonmineral (NVNM) adalah herba dan suplemen nonvitamin lainnya. Suplemen vitamin, minuman teh herbal, dan minuman teh hijau bukan termasuk kategori NVNM. Suplemen NVNM biasanya dikemas dalam bentuk pil, kapsul lunak, gel, kaplet, atau berupa cairan. Contoh suplemen NVNM antara lain minyak ikan, probiotik atau prebiotik, ginkgo biloba, pil teh hijau, ginseng, echinacea, suplemen bawang putih, dan glukosamin atau chondroitin.

 

Manfaat Suplemen

Sebagian suplemen dapat menunjang kesehatan secara umum. Beberapa kondisi kesehatan tertentu pun dapat terbantu seiring dengan konsumsi suplemen secara teratur, yaitu:

  • Minyak ikan untuk mengurangi risiko kardiovaskular karena mengandung asam lemak omega-3 seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA).
  • Chicken essence berfungsi untuk meredakan kelelahan fisik dan meningkatkan kinerja olahraga, menurut penelitian.
  • Suplemen berupa produk kedelai untuk membantu mengobati hiperkolesterolemia.
  • Probiotik untuk bermacam-macam kondisi gangguan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar, infeksi diare, dan kolitis ulseratif.
  • Jahe untuk meredakan mual dan muntah pada awal semester kehamilan, pascakemoterapi, dan kondisi mabuk.

Namun perlu diketahu, manfaat-manfaat di atas sedang diteliti lebih lanjut untuk memastikan efektifitasnya.

 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Suplemen

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat suplemen dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan di kemudian hari, perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum mulai mengonsumsi produk tersebut:

  • Hindari mengonsumsi suplemen dengan tujuan mengobati penyakit tertentu, apalagi jika Anda membuat diagnosis sendiri. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.
  • Pahami bahwa efektivitas dan keamanan suplemen bukan diukur dari istilah “alami” yang tercantum dalam kemasan, tetapi dari kandungan kimia pada produk tersebut, cara kerja di dalam tubuh, takaran pemakaian, dan proses pembuatannya.
  • Sebelum mengonsumsi suplemen, pastikan bahwa Anda sudah memahami manfaat kesehatannya bagi Anda, risiko yang mungkin ditimbulkan, aturan pemakaian, serta berapa lama Anda harus menggunakannya.

 

Risiko Mengonsumsi Suplemen

Perlu diwaspadai, kandungan tersebut juga bisa menyebabkan kejang-kejang. Mengonsumsi suplemen secara berlebihan juga bisa memicu gangguan kesehatan, khususnya gangguan ginjal dan liver. Hal ini ditemukan pada sekitar 23 ribu orang di Amerika yang terlibat dalam riset yang dilakukan oleh Consumer Reports.

 

Tips Mengonsumsi Suplemen

Satu hal yang harus selalu diingat bahwa suplemen tambahan sebenarnya tak ubahnya dengan obat-obatan. Konsumsi secara berlebihan dipastikan akan menimbulkan efek samping. Cara terbaik untuk memperoleh manfaat terbaik dari suplemen tambahan termasuk suplemen Blackmores adalah dengan mengonsumsinya hanya saat membutuhkan. Penggunaan pada ibu hamil dan menyusui juga harus dihindari.

Sebelum mengonsumsi suplemen, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Perhatikan pula dosisnya. Setiap suplemen memiliki aturan pakainya sendiri. Semua itu juga disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Misalnya saja pada kasus suplemen vitamin A. Jika vitamin A yang masuk ke dalam tubuh terlalu berlebihan, ini bisa memicu sakit kepala hingga kerusakan hati.  Begitu pula dengan vitamin atau mineral lain. Jika dosisnya terlalu berlebih, gangguan kesehatan dipastikan datang menghantuiVitamin,

Memilih suplemen pun harus dilakukan dengan cermat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk itu. Selain itu, pastikan juga untuk memilih suplemen yang memang telah teruji seperti suplemen Blackmores Odourless Fish Oil 1000mg. Annda bisa membelinya di KALCare. Karena KALCare menjual suplemen terbaik online.

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

Klikdokter.com

Fimela.com

Produk Terkait

BerandaRiwayatOfficial BrandMasuk