Apa Benar Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

Apa Benar Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

Apa Benar Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

Apa Benar Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

Jeruk nipis sering kita lihat mengandung banyak air, dan memiliki rasa yang asam.  Jeruk nipis berwarna hijau terang. Meski warna buah jeruk nipis bisa menguning, biasanya orang-orang cenderung memanfaatkan buah ini saat warnanya masih hijau. Jeruk nipis jauh lebih terang dan kadang sedikit kekuningan. Jika disentuh, permukaan kulit jeruk nipis jauh lebih halus dan lebih tipis.

 

Apa Benar Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

 

Anda mungkin sering menggunakan jeruk nipis untuk melepaskan rasa haus di siang hari, dengan mencampurkan segelas air es. Kesegaran ini dijamin dapat membuat mata kembali segar. Selain itu jeruk nipis juga sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan juga menghilangkan bau amis pada ikan. Tak hanya itu, kelebihan jeruk nipis juga dapat dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit. Yang paling sering dipraktikkan adalah mencampur jeruk nipis dengan satu sendok kecap. Hal ini diyakini beberapa orang dapat meredakan batuk.

 

Faktanya, jeruk nipis juga dapat mengatasi permasalahan lambung seperti maag lho. Sepertinya memang tidak meyakinkan. Karena rasa asam pada jeruk nipis dianggap sebagian masyarakat hanya akan memperparah kondisi lambung yang bermasalah. Kita biasanya dianjurkan untuk menghindari makanan asam saat mengalami gangguan lambung. Namun, jeruk nipis ternyata merupakan salah satu pengecualian. Baca penjabarannya berikut untuk mengetahui alasannya.

 

Anda tengah menderita gangguan lambung? Mungkin jeruk nipis bisa menjadi obat alami yang mujarab. Seperti buah lemon, jeruk nipis kaya akan vitamin C, B6, dan kalium. Namun, jeruk nipis ternyata mengandung lebih banyak kandungan acid atau asam, yang dapat menetralisir kondisi lambung menjadi basa, dan membantu memecah makanan dan gas yang terperangkap dalam usus. Hasilnya, perut kembung pun mengempes, dan Anda merasa nyaman kembali. Berikut beberapa penjelasan alasan jeruk nipis bermanfaat menyembuhkan penyakit maag

1. Menetralkan asam di lambung

Rasa asam pada jeruk nipis sering dijadikan alasan beberapa orang dengan penyakit maag tidak ingin mengonsumsi buah ini. Padahal, saat masuk di dalam lambung, kandungan jeruk nipis akan menjadi alkali. Jeruk nipis dapat menetralkan dan menyeimbangkan asam yang ada di lambung.

 

2. Memiliki zat perangsang produksi lendir pada permukaan lambung

jeruk nipis memiliki zat perangsang produksi lendir pada permukaan lambung. Lendir yang dihasilkan dari rangsangan yang ditimbulkan air jeruk nipis membentuk perlindungan pada dinding lambung. Dan hal ini bermanfaat untuk menghindari kerusakan yang dikarenakan adanya geseskan pada lambung.

 

3. Kaya akan zat antioksidan

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan. Zat ini dapat membentuk perlindungan yang dapat melindungi jaringan tubuh yang rusak. Jadi jeruk nipis dapat menyebuhkan dinding lambung yang mengalami kerusakan.

 

Ada beberapa cara melegakan gangguan lambung, terutama perut kembung, dengan menggunakan jeruk nipis. Berikut beberapa resep sederhana yang bisa Anda lihat:

 

1) Peras jeruk nipis, dan campurkan ke dalam air hangat matang. Cobalah minum segelas setiap pagi untuk membersihkan dan menjaga sistem pencernaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis sebagai salah satu bahan tambahan dalam green smoothies untuk rasa yang lebih segar, serta mengurangi resiko konstipasi.  Bahan  yang bisa Anda pakai, misalnya bayam atau brokoli yang dicampur dengan pisang, yoghurt dan jeruk nipis, atau perpaduan alpukat dengan jeruk nipis.

 

2) Tambahkan jeruk nipis ke dalam minuman Anda (teh atau air putih), dan minum setelah makan untuk menghilangkan rasa eneg, sekaligus mengempiskan perut yang kembung.

 

3) Buatlah infused water dengan bahan jeruk nipis. Cuci bersih lemon, jeruk nipis dan mentimun. Potong secukupnya, dan masukkan ke dalam satu pitcher air matang, dan simpan selama semalam di dalam kulkas sebelum dikonsumsi.

 

4) Perut kembung, namun ingin sesuatu yang dapat menghangatkan perut? Anda bisa membuat sup ayam dengan isian wortel, jahe, serta diberi perasan jeruk nipis. Sup ini efektif untuk menghilangkan perut kembung, sekaligus membersihkan saluran pencernaan.

 

5) Jika perut kembung dan Anda membutuhkan minuman yang dapat meredakan kembung sekaligus menghangatkan perut, cobalah perpaduan antara jahe dengan jeruk nipis. Caranya, kupas dan cuci bersih satu inci jahe, lalu parut atau potong kecil-kecil hingga membentuk adonan halus seperti pulp atau bubur. Campurkan satu sendok teh bubur jahe dengan satu sendok teh perasan jeruk nipis ke dalam segelas air hangat, aduk rata. Minum saat Anda menderita perut kembung, dan tunggu kurang lebih 10 menit untuk merasakan khasiatnya.

 

Apa Benar Jeruk Nipis Bisa Atasi Gangguan Lambung?

 

Semoga gangguan lambung Anda segera teratasi, dan Anda dapat melanjutkan aktivitas harian Anda, ya. Anda bisa membeli produk jeruk nipis seperti Promag di KALCare untuk atasi maag. Karena KALCare, produk kesehatan online terbaik.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

brilio.net

Produk Terkait

BerandaRiwayatOfficial BrandMasuk